Perbedaan Kepemimpinan dengan Manajemen

Kepemimpinan

PERBEDAAN KEPEMIMPINAN DENGAN MANAJEMEN


Pada hakekatnya, Kepemimpinan mempunyai pengertian yang agak luas dibandingkan dengan Manajemen. Kepemimpinan bahkan merupakan jiwa atau penggerak seluruh fungsi manajemen. Hal ini didasarkan dengan alasan:

1.      di dalam setiap fungsi manajemen diperlukan kepemimpinan. Suatu perencanaan tidak akan berhasil dengan baik tanpa kepemimpinan. Suatu pengorganisasian tidak akan dapat berjalan secara efektif tanpa kepemimpinan. Penggerakan orang-orang tidak mungkin terlaksana tanpa kepemimpinan.

2.      secara historis kata leader lebih dahulu lahir daripada manager. Demikian pula kata leadership muncul lebih awal dari kata managership.

Manajemen merupakan jenis pemikiran yang khusus dari kepemimpinan di dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Dalam artian yang luas, kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlaku dalam organisasi. Menurut Miftah Thoha, kepemimpinan tidak harus dibatasi oleh aturan-aturan atau tatakrama birokrasi.

Namun apabila kepemimpinan itu dibatasi oleh tata krama birokrasi atau dikaitkan terjadinya dalam suatu organisasi disebut Manajemen. Dapat saja seorang manajer berperilaku sebagai seorang pemimpin, asal mampu mempengaruhi perilaku orang-orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan perkataan lain, pemimpin belum tentu seorang manajer, tetapi seorang manajer bisa berperilaku sebagai seorang pemimpin.

Oleh: Riza Aditya

Incoming search terms: